Bali wedding

 

Selamat, Anda baru saja mulai menjajaki atau merencanakan Pernikahan Anda di Bali. Kalau tidak, Anda tidak akan membaca tulisan ini. Dan Anda datang ke tempat yang tepat! Perkenankan saya memandu Anda dan memberitahukan segala hal ikhwal bagaimana melangsungkan pernikahan di Bali. Ya, Anda perlu membaca beberapa waktu. Jadi, silakan ambil segelas kopi atau teh, lalu duduk santai. Waktu yang Anda habiskan untuk membaca tulisan ini dan beberapa tulisan tambahan akan sangat menghemat kiriman email bolak-balik antara Anda dengan agensi dan vendor di Bali. Tulisan ini pun akan membantu Anda melangkahi para vendor curang, yang tak terhitung jumlahnya dan telah merusak nama baik industri pernikahan Bali dalam tahun-tahun belakangan ini.

Banyak pengantin yang menginginkan Bali sebagai destinasi pernikahan berpikir bahwa sulit dan menakutkan untuk menjajaki dan merencanakan segalanya dari jauh. Tetapi, sebenarnya tidak demikian kalau Anda tetap bersih dari vendor asal-asalan, yang tak terhitung jumlahnya mengerubungi industri pernikahan di Bali. Vendor pernikahan yang inkompeten, tak dapat diandalkan dan dan tak dapat dipercaya melimpah ruah di Bali. Anda sudah diperingatkan. Saya akan menjelaskan dari mana memulai dan bagaimana merencanakan pernikahan di Bali. So, mari kita mulai.

KAPAN – Mengadakan pernikahan di Bali?

 

Jelas, tanggal pernikahan akan memainkan peran penting. Alasannya sebagian besar pernikahan merupakan acara outdoor, kecuali pernikahan Anda di kapel dan resepsi makan malamnya di ballroom. Umumnya, waktu terbaik untuk pernikahan di Bali adalah antara April dan Oktober. Dari APRIL hingga OKTOBER, cuacanya lebih baik daripada selama musim hujan. Dari Juni hingga Agustus, tarif hotel, tempat pernikahan dan tiket pesawat biasanya lebih tinggi. Mungkin pula lebih sulit mendapat hotel. Yang paling penting, mulailah merencanakan dan memesan pernikahan Anda sedini mungkin. Anda bisa membaca lebih jauh tentang bagaimana “sedia payung sebelum hujan”.

 

Bali wedding when

DI MANA – Venue apa?

Biasanya, inilah pertanyaan pertama dalam benak pengantin, dan memang paling penting. Anda harus memikirkan matang-matang hal ini. Ada ratusan kemungkinan tempat pernikahan di Bali. Dan sepintas lalu, pilihannya melimpah-ruah. Bali memiliki begitu banyak opsi dan tempat pernikahan, tetapi semuanya masuk dalam salah satu dari empat kategori berikut:

 

PERNIKAHAN di VILA

PERNIKAHAN di HOTEL/RESOR

PERNIKAHAN di KAPEL

PERNIKAHAN di PANTAI

 

Satu kekeliruan yang biasanya dilakukan banyak pengantin wanita dan pasangan adalah menyangka bahwa tipe pernikahan anu lebih murah daripada yang lain. Tidak, pernikahan pantai tidak harus paling murah!! Tidak pula pernikahan vila harus mahal. Sebagaimana layaknya dalam kehidupan – tergantung…

 

Pernikahan di Vila

Bali villa wedding

 

Vila merupakan tempat paling spektakuler untuk pernikahan di Bali. Pernikahan vila memberi kebebasan paling besar bagi Anda untuk menentukan pilihan. Pernikahan vila pun sangat nyaman karena pengantian wanita dan pria tidak perlu melakukan perjalanan pada hari pernikahan mereka. Lagi pula, pernikahan vila memberi Anda privasi paling tinggi. Di sisi lain, pernikahan vila cenderung agak lebih rumit diurus. Anda disarankan mencari bantuan dari wedding planner/organizer (WO) yang berkompeten. Hampir semua pernikahan vila adalah event yang lebih besar dengan 30, 40 – hingga 100 undangan. Mayoritas vila yang populer untuk pernikahan merupakan properti besar dengan 4,5 kamar tidur atau lebih, disertai taman luas. Sebagian besar pernikahan di vila Bali akan menyiapkan katering untuk malam/resepsi. Dan kebanyakan vila memiliki syarat inap minimum selama 3,4,5 malam atau adakalanya lebih. Anda bisa belajar lebih jauh tentang biaya pernikahan vila dengan mengikuti tautan ini.

 

Pernikahan di Hotel/Resor

 Hotel Resort wedding

 

Kini hampir semua hotel/resor di Bali menawarkan pernikahan dan paket pernikahan. Pernikahan di hotel dan resor sangat cocok bagi pasangan yang lebih mementingkan kemudahan dan kepraktisan alih-alih individualitas dan privasi. Dengan pernikahan hotel/resor, Anda bisa memiliki segalanya di satu tempat. Sering pula, semua teman dan keluarga Anda menginap di hotel/resor yang sama. Anda pun tidak perlu khawatir tentang menentukan vendor dan pilihan. Malah, akan sedikit sekali pilihan Anda. ‘Wedding in a box’  – atau paket all inclusive, begitulah sebutannya yang lazim. Anda harus menyesuaikan keinginan Anda dengan apapun yang ditawarkan hotel. Misalnya, Anda tidak bisa memilih  sendiri penyedia katering atau floris kesukaan Anda. Sering paket pernikahan hotel sudah termasuk layanan fotografer. Para fotografer ini kualitasnya sering dipertanyakan dan Anda mungkin berakhir dengan fotografi pernikahan yang tidak Anda sukai.

Jangan dikira bahwa dengan memesan dari hotel bintang 5 bermerek internasional, maka layanan vendor-nya pun sekelas bintang 5. Sering mereka menggunakan vendor kelas bawah yang rada murah. Kurangnya privasi merupakan poin penting lain yang perlu dipertimbangkan. Sangat sedikit hotel yang dapat menutup kawasan tempat berlangsungnya upacara pernikahan Anda. Jadi, bersiaplah untuk melihat tamu hotel dalam pakaian renang berdiri di situ dan menonton pernikahan Anda. Atau jeleknya lagi, mendapati mereka dengan tubuh setengah telanjang dalam foto pernikahan Anda. Tentu saja hotel tidak memperlihatkan foto semacam itu pada situsweb mereka. Tetapi, realitasnya acap kali cukup berbeda dari apa yang Anda lihat di situsweb hotel itu. Terakhir namun penting, jangan mau dibohongi fakta bila orang hotel yang membalas email Anda, menyebut dirinya wedding planner/koordinator pernikahan/spesialis pernikahan. Yang sesungguhnya, mereka itu staf departemen penjualan atau departemen banquet hotel yang tugasnya menjual sebanyak mungkin kepada Anda, alih-alih menawarkan opsi yang sesuai dengan individualitas dan budget Anda. Silakan dilihat juga: Biaya pernikahan Hotel/Resor di Bali.

 

 

Pernikahan di Chapel

 Chapel wedding in Bali

 

Bali pertama kali membuka pernikahan kapel pada 10 tahun lalu. Sejak itu sudah lebih dari 15 kapel pernikahan dibangun guna memenuhi permintaan terhadap jenis pernikahan yang berasal dari Jepang ini. Kendati sebagian besar kapel adalah bagian dari hotel/resor, kapel memiliki kategori tersendiri. Ada kapel yang memiliki arsitektur indah, sedangkan yang lain menawan bagai stasiun KA era-Soviet.

Dengan sangat sedikit pengecualian, tarif kapel di Bali agar mahal. Mereka menawarkan pengalaman yang sangat mudah diprediksi dan agaknya hasil prarekam. Kapel yang lebih populer, agak mirip dengan pabrik pernikahan. Dalam musim-ramai, mereka dapat dengan cepat memproduksi 4, 5 pernikahan atau lebih dalam sehari. Pernikahan kapel agak menyerupai pernikahan hotel dan resor. Dalam pengertian bahwa mereka menawarkan sedikit fleksibilitas dalam hal vendor dan opsi pernikahan. Umumnya, Anda terjebak dengan sedikitnya opsi dekor dan bunga-bungaan yang ditawarkan kapel. Harap diingat bahwa ketika Anda sedang berurusan langsung dengan kapel tertentu, Anda tidak berurusan dengan wedding planner, melainkan  dengan staf dari departemen penjualan yang targetnya adalah menjual sebanyak mungkin layanan kepada Anda. Satu-satunya keuntungan paling besar mengadakan pernikahan kapel yaitu bahwa meski hujan pernikahan Anda hampir tidak terganggu. Kapel juga menawarkan tingkat privasi yang lebih tinggi, walau mungkin hanya berlaku untuk area dalam kapel dan bukan lingkungan sekitarnya yang biasanya merupakan bagian dari hotel/resor. Anda bisa belajar tentang biaya pernikahan kapel di Bali pada  tautan ini. Selain itu, Anda bisa mendapatkan paket kapel terbaik dari sini.

 

Pernikahan di Pantai

Beach wedding in Bali

 

Banyak pengantin, yang mendambakan pernikahan di Bali, membayangkan sebuah pernikahan di pantai. Memang ada beberapa spot yang menawan untuk pernikahan pantai di Bali. Tetapi, tidak sebanyak harapan Anda. Semua pantai di Bali adalah arena publik. Tidak seorang pun, bahkan hotel, dapat mengklaim semeter pun area pantai sebagai milik pribadi. Hotel dan properti pantai lainnya cenderung menyamarkan fakta ini. Anda bisa membaca lebih jauh tentang hal ini dalam artikel: Pernikahan Pantai di Bali. Karena itu, banyak pengantin sering berakhir di lokasi selain pantai. Untuk pernikahan pantai di hotel, Anda tidak bisa mengharapkan adanya privasi. Lagi pula, bukan tidak lazim bahwa hanya dalam beberapa meter dari tempat Anda menikah, para turis menonton atau lalu-lalang dengan pakaian renang. Selain itu, Anda harus sangat hati-hati dengan apa yang saya sebut pernikahan pantai ‘palsu’. Dengannya hotel mengiklankan paket mereka sebagai pernikahan pantai, namun sejatinya pernikahan Anda akan diadakan di properti hotel, 50 – 100 meter dari pantai jauhnya. Hanya sedikit sekali pantai yang merupakan bagian dari hotel dan memiliki tingkat privasi relatif tinggi. Semakin buruk lagi, sebagian besar lokasi itu tidak memiliki tempat cadangan seandainya turun hujan. Lagi pula, duduk di pantai dalam terik tropis tanpa naungan mungkin pula tidak ideal bagi Anda atau undangan Anda Untuk pernikahan kawin lari, atau pernikahan sangat sederhana dengan undangan sehitungan jari,  pernikahan pantai bisa menjadi pilihan bagus. Pernikahan pantai bisa menjadi sangat indah dan menyenangkan, tapi hati-hati dengan kemungkinan adanya keberatan. Anda bisa mendapatkan beberapa  opsi pernikahan pantai terbaik di sini.

 

WO / Wedding planner, atau tidak?

Bali wedding planner options

 

Sebagian besar pengantin memiliki impresi keliru bahwa WO / wedding planner tidak perlu dan akan mempermahal segalanya. Kendati mungkin benar dalam kasus tertentu, biasanya amat berguna bila memanfaatkan saran dan bantuan dari seorang ahli. Tetapi sebaliknya, jika Anda memang menginginkan hotel/resor atau kapel tertentu, mungkin Anda tidak membutuhkan WO/wedding planner. Untuk pernikahan kapel, mungkin beralasan juga bila menggunakan WO independen karena sebagian besar kapel menyediakan paket pernikahan all-inclusive yang tidak memungkinkan Anda memilih vendor sendiri untuk hal-hal penting, seperti fotografi dan tata rias. Atau mereka akan mengenakan biaya tambahan bila Anda membawa masuk vendor Anda.

Di sisi lain, wedding organizer independen memiliki kesepakatan khusus yang memungkinkan pihak kapel membiarkan Anda membawa vendor pilihan Anda. Dan Anda tidak perlu membayar lebih – acap kali bisa lebih murah bila memesan via WO independen.

Buat prioritas dan pilih vendor Anda secara bijak HATI-HATI

Sangat luasnya popularitas destinasi pernikahan di Bali telah memikat banyak vendor asal-jadi yang ingin menghasilkan uang gampang. Karena industri pernikahan di Bali tidak teregulasi sama sekali, siapa pun bisa membuka sebuah situsweb dan menawarkan layanan.

Sering ada orang yang inkompeten dan takprofesional di balik situsweb semacam itu. Kalau terlalu murah, kemungkinan besar memang begitu. Dan Anda mungkin berakhir dengan sebuah mimpi buruk pernikahan alih-alih sebuah pernikahan impian. Tak perlu dikatakan lagi bahwa jika Anda menjadi korban dari salah satu di antara mereka, mungkin Anda berakhir dengan membuang banyak waktu berharga dan bahkan, adakalanya mengalami kerugian finansial. Dan yakinlah Anda tidak ingin mendengar apa yang sudah kami lihat selama 8 tahun dalam industri ini di sini. Dari pengantin yang tidak bisa menikah karena kapel-nya benar-benar lupa memesan layanan pencatatan sipil hingga hotel yang salah memberikan waktu mulai/tanggal acara kepada fotografer. Dari penyedia katering yang kehabisan minuman keras, bahkan sebelum jamuan utama disajikan hingga wedding planner yang menghilang dengan deposit ribuan dolar dan tak pernah terlihat batang hidungnya lagi. Daftar ini kian panjang.

Karena itu, saya merekomendasikan agar Anda memilih layanan dari vendor-2 yang merupakan anggota SOCIETY OF BALI WEDDING PROFESSIONALS dan yang direkomendasikan di website kami.

Dalam dunia ideal, kita semua ingin memiliki budget nirbatas dan dapat memilih hanya yang terbaik. Sayangnya, dunia kita tidak ideal. Sebagian besar kita harus bekerja dengan anggaran tertentu dan kendala lainnya. Di Bali, tarif untuk lokasi dan tempat pernikahan sangat variatif. Demikian pula tarif vendor dan penyedia layanan. Hotel-hotel memiliki peringkat dari bintang 2 hingga 5, bahkan 6. Namun, tiada peringkat semacam itu untuk vendor pernikahan di Bali. Malangnya lagi, untuk industri pernikahan  di Bali yang tidak teregulasi sama sekali, tiada badan independen yang mengesahkan vendor atau memeringkatkan mereka berdasarkan kualitas atau tingkat layanan. Sepenggal saran penting lainnya: Banyak pengantin disesatkan oleh hotel bermerek internasional beserta paket pernikahannya. Para pengantin menyangka bahwa dengan membeli paket pernikahan dari hotel bintang 5 terkenal, maka komponen paketnya memiliki kualitas yang setara dengan layanan hotel itu. Sangat sering tidak demikian kenyataannya. Hanya karena Anda membeli paket pernikahan dari hotel bintang 5 atau kapel terkenal, tidak berarti fotografer yang disediakan hotel juga berkualitas bintang 5. Bagi sebagian besar hotel bintang 5, layanan yang mereka ambil dari luar akan memuaskan, tetapi kemungkinan besar bukan dalam standar bintang 5. ANDA SUDAH DIINGATKAN!

Apakah Anda foodie alias pengemar makanan? Maka jelaslah, pilihan katering sangat penting dan Anda bisa memilih salah satu penyedia katering top di Bali. Apakah Anda penggemar fotografi? Maka jauhi anak-anak berkamera fotografer yang nongol sebagai bagian dari paket pernikahan all-inclusive.

Atau apakah Anda menginginkan pesta ingar-bingar dan liar hingga larut malam? Kalau begitu, hotel/resort pernikahan dengan musik yang mesti stop pada jam 21.30 ato 22.00 bukan pilihan ideal bagi Anda. Apakah Anda, dan mungkin juga para pengiring Anda, ingin merawat diri dengan riasan & gaya rambut mempesona? Maka barangkali Anda harus memilih salah satu penata rias profesional di Bali dan menghabiskan lebih banyak (waktu dan duit) untuk kecantikan dan gaya. Jauhi penata rias yang termasuk dalam paket all-inclusive.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu mempersiapkan Anda membuat pilihan cerdas untuk pernikahan Anda. Jangan lupa, pernikahan adalah event sekali seumur hidup. Karena itu, jajaki opsi Anda secara cermat. Pilihlah dengan bijak di mana Anda akan menikah dan siapa yang akan membantu Anda menyatupadukan semua itu. Lihat juga artikel lain  di blog kami, tempat Anda bisa menemukan lebih banyak saran berharga.

Happy Wedding – Jameela Tey ℠™

Pin It on Pinterest

Shares
Share This