Bagi banyak pasangan yang ingin menikah di Bali, pertanyaan seputar Anggaran untuk Pernikahan di Bali akan menjadi bagian sangat penting dari perencanaan Pernikahan mereka. Lewat artikel ini, saya akan membantu Anda mengidentifikasi berbagai komponen biaya untuk Pernikahan di Bali, kecuali biaya perjalanan ke, dan biaya akomodasi selama liburan di, Bali.  Maka, kita akan melihat mata anggaran yang hanya berkaitan dengan hari Pernikahan.  
Budget for a Bali wedding

Anggaran untuk Pernikahan di Bali

  Kalau Anda membeli paket wedding yang komplit, banyak layanan sudah tercakup di dalamnya, seperti venue, dekor dan pendeta & seremoni.  Paket komplit ini biasanya agak kaku dan Anda memegang kendali sedikit saja atau bahkan tidak sama sekali atas Anggaran untuk Pernikahan di Bali. Teliti bila membandingkan paket, karena adakalanya satu paket berisi lebih banyak layanan daripada paket dari venue/vendor lain. Misalnya, paket A mungkin meliputi tata rias & rambut, sedangkan paket B tidak. Atau misalnya, layanan fotografi bisa sangat berbeda antara satu paket dengan paket lainnya. Yang satu mungkin hanya terdiri atas seorang fotografer selama periode upacara dengan foto dalam disk dan belum diedit. Paket lain mungkin mencakup seorang fotografer selama beberapa jam dengan album foto yang sudah diedit. Ada paket yang menyertakan segelas champagne bagi pasangan untuk wedding toast . Paket lain mungkin hanya memberi Anda jus buah. Juga, ada banyak detail lain yang bisa bervariasi dari satu paket ke paket lain. Ada hotel/chaple yang sangat 'kreatif' dengan menawarkan paket yang tampak murah – hanya berisi layanan sangat standar. Sekali paket itu Anda beli, mereka akan mencoba menjual layanan 'pengaya' yang mungkin ya atau mungkin tidak Anda butuhkan. Jadi, bagi pasangan yang membeli paket wedding di Bali, kami sarankan agar terus bertanya sampai mendapat jawaban sejelas-jelasnya tentang apa yang Anda beli dan apakah paketnya sudah mencakup semua kebutuhan Pernikahan Anda.   Bali wedding budget   Kalau jumlah tamu di wedding anda sudah melebihi 50 atau 60, maka biaya untuk makanan & minuman mungkin menjadi porsi terbesar dari anggaran Anda. Jika Anda berencana mengadakan Pernikahan di kapel yang merupakan bagian dari hotel bintang 5 di Bali, hendaknya Anda mengadakan resepsi/makan malam di luar kapel, karena dapat menghemat banyak uang.  Alasan lain mengapa Anda disarankan tidak memesan Pernikahan langsung dari sebuah kapel atau hotel melainkan dari WO Bali yang independen karena  WO independen akan membantu mengurangi Anggaran untuk Pernikahan di Bali. Kalau wedding venue dan vendor-nya hendak Anda tangani sendiri, biaya-biaya berikut ini akan memengaruhi Anggaran untuk Pernikahan di Bali.

Biaya Venue

Venue atau tempat Pernikahan adalah hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika menganggarkan Pernikahan di Bali. Pilihan ini melimpah hingga lebih dari 300 kemungkinan. Maka, pertama-tama Anda harus  memutuskan jenis venue untuk upacara Pernikahan. Di bawah ini terdapat tautan ke artikel yang menerangkan tentang biaya berbagai jenis wedding  venue di Bali: Biaya Wedding di Chapel Bali  - dalam artikel ini Anda bisa mempelajari tentang biaya Pernikahan di chapel Bali.
Bali chapel wedding

Budget for a Bali chapel wedding

 
Bali Hotel Resort wedding

Budget for a Bali Hotel Resort wedding

Biaya Pernikahan di Bali - Pernikahan di Hotel dan Resort - Artikel ini menjelaskan tentang biaya melangsungkan Pernikahan di resor / hotel di Bali.
Bali villa wedding budget

Bali villa wedding budget

Biaya layanan upacara & legalisasi

Setelah memilih wedding venue di Bali, Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin melangsungkan Pernikahan secara legal atau hanya upacara pemberkatan. Agak murah tarif layanan untuk opsi wedding seperti itu di Bali, dan Anda bisa menentukan anggarannya dengan membaca artikel: Biaya Pernikahan di Bali- Bagian Satu - belajar tentang biaya layanan penting  –upacara & pencatatan sipil

Biaya layanan tambahan

Kemungkinan besar Anda menghendaki adanya dekor altar. Perkiraan biayanya bisa ditemukan dalam artikel: Biaya Pernikahan di Bali - Floris dan Dekor - artikel ini menjelaskan biaya layanan floris dan dekorasi. Untuk keperluan dokumentasi Pernikahan Anda, seorang fotografer dan mungkin pula videografer harus Anda sewa.  Guna mempelajari lebih jauh tentang anggaran yang dibutuhkan untuk membuat dokumentasi wedding di Bali, Anda harus membaca dua artikel berikut ini: Biaya Pernikahan di Bali - Fotografer - berapa mestinya Anda bayar untuk seorang fotografer Pernikahan di Bali. Biaya video Pernikahan di Bali - berapa ancar-ancar biaya untuk layanan video Pernikahan di Bali Katering:  ketika menyiapkan anggaran untuk Pernikahan di Bali, biaya katering bisa menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap anggaran, terutama karena  tingginya pajak minuman beralkohol di Bali.  Untuk mempelajari tentang anggaran katering untuk Pernikahan di Bali, bacalah artikel berikut: Biaya Pernikahan di Bali - Katering - artikel ini menjelaskan biaya apa saja yang dikeluarkan untuk katering Kalau ada pertanyaan seputar artikel ini, atau memerlukan bantuan soal perencanaan Pernikahan Anda di Bali, cukup .kirimkan email kepada kami. Selamat Menempuh Hidup Baru – Jameela Tey ℠™        

Pin It on Pinterest

Shares
Share This